KISAH Qabil dan Habil


Label: , 2 komentar

Qabil dan Habil adalah dua orang anak Adam as.
Al-Qur'an memuat kisahnya yang dapat diambil nasehat dan hikmahnya oleh kaum mukminin.
Qabil adalah orang yang jahat, sedang saudaranya Habil adalah seorang yang saleh dan bertaqwa.Di antara ke duanya timbul perselisihan yang berlangsung lama dan mencapai puncaknya dengan terbunuhnya Habil oleh Qabil.

Mengenai sebab terjadinya perselisihan diantara keduanya terdapat dua pendapat.
Yang pertama, bahwa Habil adalah pemilik kambing, sedang Qabil adalah pemilik tanaman. Masing-masing mengadakan kurban.

Maka Habil memilih kambing terbaik yang dimilikinya dan menjadikannya sebagai kurban, sedang Qabil memanen gandum yang paling jelek dalam tanamannya, dan menjadikan sebagai kurban.
Kemudian masing-masing mempersembahkan kurbannya kepada Allah, lalu turunlah api dari langit memakan kurban Habil dan membiarkan kurban Qabil.
Maka tahulah Qabil bahwa Allah menerima kurban saudaranya dan tidak menerima kurbannya, sehingga ia pun iri hati dan membunuhnya.

Yang kedua, menurut riwayat Adam as.
Setiap kali mendapat anak selalu lahir laki-laki dan perempuan.
Kemudian pun mengawinkan putrinya yang lahir dari satu waktu dengan putranya yang lahir pada waktu yang lain.
Maka yang pertama lahir adalah Qabil bersama dua orang putri kembar dan sesudahnya lahir Habil bersama dua orang putri kembar.
Ternyata putri kembar yang lahir bersama Qabil adalah yang paling cantik, maka Adam ingin mengawinkannya dengan Habil dan Qabik menolaknya seraya berkata." Maka berkatalah Adam as.
Kepada keduanya:" Persembahkanlah kurban, dan siapa diantara kamu diterima kurbannya, maka kukawinkan dia dengannya."
Ternyata Allah menerima kurban Habil dengan menurunkan api yang memakan kurbannya sehingga Qabil membunuh saudaranya itu lantaran dengki kepadanya.

Perasaan dengki adalah dosa pertama yang menyebabkan pendurhakaan kepada Allah Ta'ala di langit, dan dosa pertama dimana manusia durhaka kepada Allah di bumi.
Ada pun dilangit, rasa dengki itu dilakukan Iblis kepada Adam, sedangkan di bumi dilampiaskan oleh Qabil terhadap Habil.

2 Response to "KISAH Qabil dan Habil"

  1. Mantap ueiy..;-),

    Thnxs boz...

Posting Komentar

Al-Ghazali
Pernah berkata :
"Yang jauh itu WAKTU, yang dekat itu MATI, yang besar itu NAFSU, yang berat itu AMANAH, yang mudah itu BERBUAT DOSA, yang panjang itu AMAL SOLEH dan yang indah itu adalah SALING MEMAAFKAN"....Slamat menyambut datangnya bln SUCI bln yang penuh ampun, Semoga ALLAH selalu mengampuni dosa" kita Amin...ane mohon maaf lahir dan batin...."MARHABAN YA RAMADHAN".

    Info

    powered by PRBbutton

    Translate

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean

    Google

    Blog Archive

    Pengikut

    adsense link 728px X 15px

Designed by TheBookish Themes
Converted into Blogger Templates by Theme Craft