KENAPA ALKOHOL BISA BIKIN MABUK???


Label: , 17 komentar

Semua
orang tahu bahwa konsumsi
alkohol bisa membuat seseorang
mabuk. Tapi apa yang
menyebabkan minum alkohol bikin
mabuk?
Alkohol adalah produk alami yang
dibuat dari biji-bijian, buah atau
sayuran yang difermentasi, yaitu
suatu proses yang menggunakan
ragi atau bakteri untuk mengubah
gula menjadi alkohol.

Alkohol yang
dihasilkan ini bisa digunakan
sebagai pembersih, antiseptik atau
obat penenang.
Jika terbuat dari bahan alami,
mengapa alkohol bisa berbahaya
dan memabukkan?

Seperti dikutip dari Kidshealth,
Senin (5/7/2010) ketika seseorang
mengonsumsi alkohol, maka
cairan ini akan diserap ke dalam
aliran darah.

Hal ini tentu saja
mempengaruhi sistem saraf pusat
(otak dan sumsum tulang
belakang) yang mengontrol hampir
semua fungsi tubuh.
Alkohol adalah sebuah depressan
yang berarti memperlambat fungsi
sistem saraf pusat. Zat ini bisa
menghambat beberapa pesan
yang seharusnya disampaikan ke
otak. Karena ada hambatan
tersebut, maka bisa mengubah
persepsi, emosi, gerakan,
penglihatan dan juga pendengaran
seseorang.

Dalam jumlah yang sangat kecil
alkohol dapat membantu
seseorang merasa lebih santai dan
mengurangi rasa cemas. Namun
jika jumlahnya berlebihan bisa
menyebabkan perubahan besar di
otak, sehingga menghasilkan

intoxication.

Gejala yang timbul jika intoxication
adalah terhuyung-huyung,
kehilangan koordinasi serta tidak
sadar dengan ucapannya.

Terkadang juga membuat orang
bingung atau mengalami
disorientasi.

Orang yang mabuk berpikir bahwa
dirinya bisa bergerak dengan baik,
padahal kenyataannya tidak seperti
itu dan keluar dari karakter orang
tersebut. Reaksi yang timbul sangat
tergantung dari tiap orang, pada
beberapa orang efek yang muncul
bisa sangat ramah berbiara atau
justru sangat agresif dan marah.
Jika banyak konsumsi alkohol
dalam waktu singkat, maka
efeknya bisa lebih cepat yang
ditandai dengan muntah.

Untuk
kasus ekstrimnya adalah pingsan,
sesak napas, gula darah rendah,
kejang dan bahkan bisa berakibat
kematian.

Perubahan sistem saraf yang
berasal dari minuman alkohol bisa
membuat seseorang melakukan
hal-hal bodoh atau memalukan.
Karena gangguan dari sistem saraf
itulah yang membuat seseorang
menjadi mabuk jika mengonsumsi
alkohol.


Sumber : detikHealth

17 Response to "KENAPA ALKOHOL BISA BIKIN MABUK???"

  1. Wahh jauhi alkohol selain haram juga dapat merusak fisik n moral manusia,,,,,,,,,

    Jadi jangan minum alkohol!!!!

    aQ malah takut sob minum alkohol...
    '
    Emang enak ya....????

    Hehehehehe...............

    Untung saya gak suka minum minuman beralkohol.
    Jadinya ya gak mungkin mabok :D

    sore mas...
    untung ane ga suka alkohol..
    jadi ga perlu repot... :)

    aku dulu pernah sih nyoba
    tp sekarang gak pernah lagi
    ngeri, udah gitu mahal lagi + dosa euy
    hehe

    All@itu negatif nya alkohol sangat berbahay jd jgn coba2..hehehe
    Thnxs dah komen

    say no to alkohol!

    jauhi alkohol,

    Sebaiknya jgn kenal sma yg nama nya alkohol deh

    duLu Lagi masih suka ugaL-ugaLan, pernah nih nyicipin yang begonoan sebagai konsumsi mingguan. tapi sekarang sudah insap sejak sekitar 6 tahun LaLu.
    Lucunya kaLau udah muLai ngepLay, saya justru Lebih berkonsentrasi dan Lebih berhati-hati, begitupun dengan kontroL emosi saya justru Lebih baik. enggak seperti pada umum orang yang Lagi mabuk, bawa kendaraan juga jadi hati-hati banget.
    biasanya aLkohoL itu (waktu duLu) saya konsumsi kaLo saat Lagi ujian, jadi konsen banget deh. hehehe...

    ngobroL nih om.

    aLhamduLiLah tadi pagi cenut-cenut sudah reda, enggak jadi kepuskesmas.
    karena jam aktifitas saya pada maLam hari, mungkin mengkonsumsi air jeruk saya Lanjutkan sebagai pengganti buah-buahan. berdasarkan pengaLaman kemarin tips dari om_arief, kayaknya manfaat air jeruk banyak tuh om. misaLnya pereda panas, meLancarkan BAB, kaLo Lagi kembung sendawanya juga jadi Lancar.

    terima kasih om atas tips tradisionaLnya, sangat bemanfaat sekaLi.

    Untung aja aku gak minum minuman yg beralkohol...

    Thanks bgt infonya ya...

    Haram hukumnya gan minum alkohol kecuali ada alasan yg tepat.misal buat obat

    nice share bang! ini bisa jadi pertimbangan untuk yg minum-minum :D

    All@thnxs dah mampir n coment...mari katakan tidak pada alkohol...

Posting Komentar

Al-Ghazali
Pernah berkata :
"Yang jauh itu WAKTU, yang dekat itu MATI, yang besar itu NAFSU, yang berat itu AMANAH, yang mudah itu BERBUAT DOSA, yang panjang itu AMAL SOLEH dan yang indah itu adalah SALING MEMAAFKAN"....Slamat menyambut datangnya bln SUCI bln yang penuh ampun, Semoga ALLAH selalu mengampuni dosa" kita Amin...ane mohon maaf lahir dan batin...."MARHABAN YA RAMADHAN".

    Info

    powered by PRBbutton

    Translate

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean

    Google

    Blog Archive

    Pengikut

    adsense link 728px X 15px

Designed by TheBookish Themes
Converted into Blogger Templates by Theme Craft